Assessment bisa digunakan untuk perusahaan dalam banyak hal seperti untuk merekrut karyawan, menempatkan karyawan di posisi yang tepat, memilih karyawan yang bisa mendapatkan kenaikan jabatan, hingga dapat menentukan pelatihan yang tepat sesuai kebutuhan karyawan.

Salah satu fungsi assessment yang didapatkan tersebut adalah dapat untuk mengetahui bakat dan potensi yang dipunyai oleh karyawan. Sehingga dengan mengetahui potensi yang dipunyai karyawan yang terpendam akan bisa untuk menjadi kesuksesan bisnis dengan meningkatkan produktivitas kerjanya.

Potensi dari kemampuan karyawan bisa menjadi aset yang penting sekali untuk keberlangsungan masa depan perusahaan. Di mana dengan memberikan penilaian maka bisa untuk melakukan identifikasi dan mengenali potensi yang dipunyai karyawan dengan lebih jelas dan efektif.

Pengetahuan akan potensi karyawan tersebut bisa digunakan karena banyak sekali manfaat yang bisa didapatkan, yaitu meliputi berikut ini:

  • Manfaat yang pertama dari fungsi assessment adalah dapat untuk membantu menggali bakat yang dipunyai oleh karyawan. Setiap orang mempunyai talentanya masing-masing yang kadang tidak terlihat. Sehingga dari hasil penilaian yang diikuti akan membantu untuk bisa mengidentifikasi apa saja bakat terpendam yang belum muncul, sehingga nantinya bisa dimaksimalkan untuk meningkatkan hasil pekerjaan sehari-hari yang diberikan untuk perusahaan. Dengan memunculkan bakat yang terpendam tersebut akan membantu mempunyai perkembangan karir yang lebih besar.
  • Fungsi selanjutnya yang bisa didapatkan dari penilaian karyawan adalah bisa untuk menyesuaikan peran dengan kemampuan yang dimiliki. Apabila ditempatkan dari posisi yang sesuai dengan bakatnya, maka akan membuat hasil kinerjanya tentunya lebih baik. Sehingga dengan penempatan yang tepat akan membantu untuk meningkatkan produktivitas yang dihasilkan oleh karyawan.
  • Fungsi penilaian yang diberikan juga akan bisa untuk mengembangkan kepemimpinan yang bisa lebih efektif untuk masa depan perusahaan. Dari hasil penilaian tersebut dapat mengukur mengenai calon karyawan yang layak dipilih sebagai pemimpin yang mempunyai jiwa kepemimpinan di perusahaan.
  • Manfaat terakhir dari penilaian yang dilakukan adalah dengan retensi karyawan yang bisa lebih baik karena akan merasa dihargai dan juga mempunyai perasaan bahagia bekerja di tempat tersebut, sehingga akan lebih loyal kepada perusahaan.

Agar mendapatkan manfaat yang beragam untuk karyawan dan juga perusahaan seperti yang dijelaskan di atas. Maka perlu untuk melakukan assessment dengan langkah yang tepat yaitu yang pertama adalah dengan menentukan tujuan assessment terlebih dahulu. Setiap penilaian tentunya akan mempunyai tujuan yang dipunyai.

Karena assessment bisa digunakan untuk membantu merekrut karyawan, memberikan jabatan yang tepat untuk kenaikan pangkat, dan juga berbagai hal lainnya. Termasuk juga untuk mengetahui potensi yang dipunyai oleh karyawan untuk dimaksimalkan. Sehingga tentukan dan ketahui tujuan assessment yang akan menentukan metode yang digunakan dalam menjalankan penilaian tersebut.

Setelah menentukan tujuan yang jelas yaitu digunakan untuk mengidentifikasi kemampuan karyawan dengan lebih jelas termasuk bisa melihat potensi yang masih terpendam yang dipunyai oleh karyawan. Maka langkah selanjutnya yang perlu dilakukan adalah dengan memilih metode yang tepat untuk digunakan.

Metode assessment mempunyai banyak tes yang bisa dilakukan untuk mengetahui potensi yang dipunyai karyawan. Mulai dari melakukan wawancara, tes psikologi, latihan peran atau roleplaying, dan masih banyak lainnya yang dapat untuk mengidentifikasi potensi yang dipunyai karyawan.

Langkah terakhir dengan menggunakan metode yang tepat untuk tujuan yang diinginkan adalah dapat untuk memberikan umpan balik yang bersifat konstruktif. Setelah selesai mendapatkan hasil dari penilaian yang dilakukan, maka hasil tersebut dapat digunakan sebagai umpan balik untuk dapat merencanakan pengembangan yang dibutuhkan oleh karyawan. Langkah tersebut bisa dibantu menggunakan pelatihan yang tepat untuk bisa memaksimalkan pengembangan dari potensi karyawan yang tersembunyi.

Dari penjelasan di atas dapat diketahui bahwa fungsi assessment bisa menjadi bahan pertimbangan yang sangat penting untuk melakukan kebijakan yang tepat untuk perusahaan. Karena dengan pelatihan yang tepat akan bisa memaksimalkan potensi karyawan yang dipunyai untuk bisa memberikan kerja yang lebih maksimal dan produktif bagi perusahaan.

Ikuti penilaian yang bisa membantu untuk mengidentifikasi potensi yang dipunyai secara dengan mudah dan online di Prasmul-ELI. Assessment dari Prasmul-ELI bisa diikuti untuk individu maupun karyawan perusahaan yang ingin mengenali kemampuan dan potensi yang bisa untuk dikembangkan.

By admin

Related Post

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *